A.
Pengertian Logo
Logo merupakan
suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan
mewakili suatu arti
dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga,
dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai
pengganti dari nama sebenarnya.
Logo harus memiliki filosofi dan
kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri
sendiri atau mandiri. Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual,
seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut.
B.
Sejarah Logo
Sejumlah penemuan dan teknik telah memberi
kontribusi pada logo kontemporer, termasuk segel silinder (c.2300
SM), koin (c.600 SM), trans-budaya difusi dari logographic bahasa,
lambang, watermark, keunggulan perak dan pengembangan teknologi
pencetakan.
Sebagai revolusi
industri dikonversi masyarakat Barat dari agraris ke industri
pada abad ke-18 dan ke-19, fotografi dan litografi berkontribusi ledakan
industri periklanan yang terintegrasi tipografi dan citra bersama-sama pada
halaman. Bersamaan, tipografi itu sendiri mengalami revolusi bentuk dan
ekspresi yang berkembang di luar, sederhana serif tipografi yang digunakan
dalam buku-buku, untuk berani, tipografi hias digunakan pada broadsheetposter.
Seni yang berkembang dalam tujuan-dari
ekspresi dan dekorasi yang bersifat, bercerita artistik, dengan diferensiasi merek
dan produk yang kelas menengah tumbuh yang mengkonsumsi. Konsultan dan
perdagangan-kelompok dalam seni komersial tumbuh dan mengorganisir, oleh 1890
AS telah 700 perusahaan pencetakan litograf mempekerjakan lebih dari 8.000
orang. Kredit Artistik cenderung ditugaskan kepada perusahaan litograf,
yang bertentangan dengan seniman individu.
Sebuah koin dari awal abad ke-6
SMLydia bantalan kepala singa yang mengaum dengan sinar matahari. Inovator
dalam seni visual dan litograf proses seperti perusahaan percetakan Rouchon
Perancis di tahun 1840-an, Joseph Morse of New York di tahun 1850-an, Frederick
Walker dari Inggris pada 1870-an, dan Jules Cheret Perancis dalam gaya
1870-mengembangkan sebuah ilustrasi yang melampaui tonal, seni representasional
ke citra figuratif dengan bagian terang, warna datar. Buku anak-anak
Playful itu, surat kabar berwibawa, dan majalah percakapan mengembangkan gaya
mereka sendiri visual dan editorial untuk yang unik, penonton
berkembang. Sebagai biaya cetak menurun, angka melek huruf meningkat, dan
gaya visual yang berubah, seni dekoratif Victoria mengarah pada
perluasan gaya tipografi dan metode mewakili bisnis.
Logo Pertama untuk menjadi merek dagang
adalah Bass merah segitiga pada 1876.
Para Seni dan Kerajinan
Gerakan dari akhir abad ke-19, sebagian sebagai tanggapan terhadap ekses
dari tipografi Victoria, bertujuan untuk mengembalikan rasa jujur pengerjaan
dengan massa-barang yang diproduksi pada zaman tersebut. Sebuah pembaruan dalam
pengerjaan dan kualitas juga menyediakan para seniman dan perusahaan dengan
kepentingan yang lebih besar dalam bentuk kredit, menyebabkan penciptaan logo
yang unik dan tanda.
Pada tahun 1950, Modernisme telah
menumpahkan akarnya sebagai gerakan avant-garde artistik di Eropa untuk menjadi
gerakan internasional dikomersialkan dengan penganut di Amerika Serikat dan di
tempat lain. Kesederhanaan visual dan kejelasan konseptual yang menjadi
keunggulan dari Modernisme sebagai gerakan artistik membentuk toolset yang kuat
untuk generasi baru desainer grafis yang terkandung logo Ludwig Mies van
der Rohe diktum ‘s, “Kurang lebih.” Modernis-terinspirasi logo
terbukti sukses di era komunikasi visual massa diantar oleh televisi, perbaikan
dalam teknologi pencetakan, dan inovasi digital.
C.
Manfaat Logo
Logo memiliki tiga tujuan utama, antara
lain:
·
Bentuk atau Marking. Bentuk yang dapat dilakukan penggambaran,
seorang designer logo melakukan penggambaran marking ini dengan teori analog.
Bentuk marking dari logo ini biasanya diambol dari sebuah obyek yang terkait
dengan perusahaan atau produk yang nantinya akan dibuatkan desain logonya.
·
Menarik Mata atau Eye Catching. Desain logo harus memiliki nilai tambah
dan harus lebih dari cuma sekedar menarik untuk dilihat. Logo perusahaan secara
alami harus mampu bersaing dengan banyak gambar logo yang terpampang dioutlet,
mini market, supermarket, toko, toko buku, toko online, kartu nama,
brosur-brosur, leaflet, poster dan sebagainya.
·
Trend. Perkembangan desain logo akan sangat dipengaruhi
oleh trend dan perkembangan jaman. Seperti trend dalam dunia seni, teknologi
atau bisnis perusahaan maka trend dalam logo ini seringkali mewakili sisi
dinamis dari bentuk atau lambang yang diambil oleh perusahaan. Pada saat
awal booming internet dan banyak bermunculannya perusahaan dot com maka trend
dari desain logo perusahaan juga beralih kedalam bentuk digital yang banyak
mengambil bentuk garis, lingkaran dan titik sehingga trend dari dunia
informatika yang sangat berkembang pesat pada waktu itu mengambil konsep bentuk
matriks dengan segala sesuatu yang berbasis komputer dan server.
Logo harus mampu secara mencolok menarik
lebih banyak konsumen dibandingkan dengan bentuk unsur desain logo kompetitor.
Mendesain logo yang memiliki nilai dan menarik sangatlah susah.Ada beberapa
yang harus dipikirkan dalam membuat desain logo perusahaan seperti: target
market dan karakter dari pasar yang disasar, media (seperti iklan surat kabar,
iklan TV, baliho, iklan diradio dsb) yang akan dipakai untuk menyampaikan pesan
marketing dan branding.
Keahlian dan pengetahuan sangatlah
diperlukan untuk membuat desain logo yang memiliki bentuk unik dan mampu
menarik perhatian pelanggan dari merek kompetitor perusahaan.Banyak sekali
jenis dari lambang yang bisa dipakai dalam menafsirkan dan mempresepsikan sebuah
lambang akan tetapi apabila diberi beberapa pilihan alternatif maka akan
terdapat satu atau dua yang akan menarik perhatian konsumen lebih dari yang
lain.
Variasi dari bentuk logo tersebut dapat
diberikan variasi tambahan untuk mempercantik dan memperindah dimana kekuatan
penyampaian pesan menjadi tidak sekuat obyek utama dari bentuk itu sendiri.
Bentuk yang dipilih sebagai ornamen cantik bisa berupa bentuk bulat, persegi,
kotak, segitiga, atau sekedar garis lengkung.
Trend menyebar mirip dengan virus tetapi
tidak selamanya sama. Banyak hal yang berkaitan dengan penyebaran trend yang
saling terkait dan biasanya kemunculan sebuah trend selalu berulang dimana
konsep lama akan kembali muncul didaur ulang. Banyak faktor yang menyebabkan
terjadinya trend, faktor penyebab trend ini biasanya bersifat eksternal seperti
televisi, politik, lukisan, kosmetika, ilmu pengetahuan dll tetapi ada juga
segelintir orang atau perusahaan yang mampu mempengaruhi jalan lintasan sebuah
trend. Ini sangat terlihat dalam dunia pakaian dan furniture.
Desain logo pada tahun 1970-an banyak
sekali mengambil simbol atau lambang yang mendekati aslinya seperti aliran
lukisan realistis dalam dunia seni rupa. Pada tahun 1990-an trend desain logo
mulai berubah kearah yang lebih simple dan sederhana serta minimalis dimana
bentuk lambang simbol yang diambil mulai berbentuk abstrak. Pada tahun 2000-an
trend desain logo mulai kembali pada bentuk yang kompleks dan rumit dalam
bentuk warna-warna yang solid. Bentuk dan simbol logo pada era ini cendrung
berbentuk nyata dan sangat kaya warna.
Karena dunia yang selalu berubah dan trend
yang selalu berpindah maka kita perlu mencermati perkembangan dengan saksama
dan bersikap proposional terutama dalam keputusan mengganti desain logo
perusahaan anda.
Selama kita melihatnya sebagai hal yang
positif maka kita akan memiliki nilai tambah wawasan dan ide yang lebih luas.
Begitu juga sebaliknya, jika kita melihatnya sebagai penghambat maka kita tidak
akan bisa menerima kekurangan desain kita secara lebih proposional tetapi
dengan biaya design logo yang semakin murah tidak ada alasan lagi untuk
membiarkan logo perusahaan anda ketinggalan zaman dan ditinggal konsumen dalam
hal branding.
D.
Logo Wonderland Cake
Wonderland cake adalah sebuah toko yang
menjual macam-macam kue, dari kue kecil seperti cupcake, cake, pastry,sampai
kue untuk pesta ulang tahun atau pernikahan.
E.
Filosofi Logo Wonderland Cake
Cupcake adalah kue yang bentuknya cantik dan
rasanya nikmat. Cupcake bagaikan miniatur dari cake besar yang ditempatkan
dalam cup-cup dari kertas beraneka warna. Cupcake mempunyai penampilan yang
menarik karena dikemas dalam wadah-wadah kecil nan cantik, hingga pantas
disajikan untuk pesta. Keunikan
Cupcake adalah bentuknya yang mungil dan cantik, dan rasanya yang enak.
Warna biru dalam
cupcake tersebut
Warna biru merupakan salah satu warna
dasar dan melambangkan kepercayaan, keamanan, teknologi, kebersihan, serta
keteraturan. Warna biru termasuk warna dingin dan membawa ketenangan bagi yang
melihatnya. Memberikan kesan komunikasi, peruntungan yang baik, kebijakan,
perlindungan, inspirasi spiritual, tenang, kelembutan, dinamis, air, laut,
kreativitas, cinta, kedamaian, kepercayaan, loyalitas, kepandaian, panutan,
kekuatan dari alam, kesedihan, kestabilan, kepercayaan diri, kesadaran, pesan,
ide, berbagi, idealisme, persahabatan dan harmoni, kasih sayang. Obyek dan
gambar biru pada dasarnya dapat menciptakan perasaan yang dingin dan tenang.
Warna putih merupakan simbol kebersihan,
suci, kepolosan, dan kemurnian. Ibu dari segala warna adalah warna putih. Warna
putih dianggap sebagai kebersihan, kesucian dan titik awal dalam memulai
perjalanan. Warna putih dalam logo Anda, akan membuat perusahaan terlihat lebih
santun, bersih dan memiliki integritas yang tinggi. Warna putih memerlukan
bantuan warna lain untuk mempresentasikan identitas yang dibangun.
Alasan kenapa kami membuat logo Wonderland
Cake ini berwarna biru karena warna biru ini termasuk ke dalam warna yang
dingin yang menciptakan rasa ketenangan. Selain itu warna dingin juga bisa
membuat objek terlihat terang dan segar. Didalam dunia bisnis warna biru
disebut sebagai warna corporate karena hampir sebagian besar
perusahaan menggunakan biru sebagai warna utamanya. Oleh karena itu kami pilih
warna biru untuk logo kami.
Sedangkan makna dari kata “Wonderland”
adalah negeri ajaib atau alam ajaib atau taman kayangan, dengan maksud pembeli
dapat merasakan rasa kue-kue cantik nan lezat yang dijual di toko kami seperti
berada di negeri ajaib yang bertaburan malaikat.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar